linux OS

UBUNTU distro pertama gw


kata kak roby sitanal yg kuliah di NF .””zaman dulu install Linux tuh susahnya minta ampun nya … !!! Dari device drivernya yang susah… installasinya yang masih text based… sampai dukungan software yang kurang… adalah resiko yang kudu dihadapi jika memilih OS Linux …!!! tapi di awal tahun 2000an sudah berangsur2 berkurang.. memang sih linux dulu lebih kearah server bukan desktop tapi sekarang linux bisa semuanya kok..hehehehe…. sekarang jaman sudah berubah… distro Linux semakin banyak… dan semakin mudah dan gratiiiz… !!!dan distro yg pertama kali saya cicipi ubuntu…ubuntu banyak turunannya juga lho…ada kubuntu dgn desktop kde..ada edubuntu tuk pendidikan..sabily tuk moslem ..ada ubuntu CE tuk nasrani dll

Salah satu distro yang lagi naik daun adalah Ubuntu… dimana versi terakhir nya adalah Ubuntu 9.10 …!!! bentar lagi sih mau ada ubuntu 10.04 ..kira2 rilis bulan april deh…Nama ubuntu tersendiri diambil dari bahasa Africa yang berarti “Humanity to others” …!!!

Proyek Ubuntu dimulai di tahun 2004 oleh seorang pengusaha Mark Shuttleworth, founder Canonical Ltd. Mulai muncul di tahun 2004 langsung versi 4.10 (10 berarti bulan Oktober, 4 berarti 2004 red.)… dan sekarang sudah mencapai versi 9.10 (release bulan Oktober 2009 red.) …!!! Instalasi Ubuntu relatif mudah… …. tampilan ataupun software yang disediakan juga cukup bagus kok …!!!

Untuk Browser, sudah default disediakan Mozilla Firefox… sedangkan untuk software yang mirip Microsoft Office… juga disediakan yaitu OpenOffice …!!! Mau chatting juga ada Emphaty.. mengolah foto ada GIMP.. dan masih banyak lagi software gratis lainnya … !!! Memang kadang yang menjadi persoalan adalah… jika kita sudah nyaman dengan software / application A misalnya… naaagh di platform lain nggak ada… !!! Namun dengan virtualisasi memang kendala itu jadi berkurang jauh…di windows extensionnya kan exe bisa kok pake emulator yang namanya wine…buat virtuallisasi gantiin  vmware bisa pake virtual box..kurang apalagi coba!?!?! ayo2 sudah saatnya memakai FOSS(free open source software) tinggalkan OS buatan MIEKOCOK WINGDOWS

4 thoughts on “UBUNTU distro pertama gw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s