linux OS

membuat pc router sederhana dengan ubuntu


membuat pc router sederhana
Saturday, January 16, 2010 at 8:54pm | Edit Note | Delete

catatan seorang newbie…ni gw dapet pas libur semester dari pak zul…ni juga buat ujian praktek kelas 3…fungsinya adalah sharing internet dan mengkoneksikan ip yg beda kelas

pertama os yg saya pake :
pc1=ubuntu (jadi router)punya 2 ethernet card
pc2=ubuntu
pc3=win xp bajakan…hehehe

setting ip address berikut
pc1=192.168.1.1 dan 192.168.2.1
pc2=192.168.2.2
pc3=150.1.1.1

setelah itu kita setting ip forward dan ip tables pd pc 1 dengan perintah:
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forw

ard
iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE

stelah selesai setting di pc 3 masukan gateway 192.168.1.1
dan pc 2 masukan juga gateway dengan perintah:
route add default gateway 192.168.1.1

insya ALLAH berhasil dah tapi ini ga permanen di note berikutnya ntar yg permanen….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s